Wisata Candi Jiwa Karawang yang Penuh Sejarah dan Indah

Diposting pada

Masih seputar Karawang, tidak hanya terkenal dengan lumbung padi, Karawang juga mempunyai sebuah candi yakni Candi Jiwa sebuah peninggalan umat hindu yang ditemukan didaerah batujaya, Karawang. Menurut informasi dapat diprediksi bahwa candi jiwa mempunyai umur yang lebih tua dari candi Borobudur yang berada di Magelang.

Selain yang terkenal candi jiwa, di komplek candi ini juga terdapat 46 candi yang tersebar diarea percandian, dan bisa bertambah lagi karena seiringnya waktu sering ditemukan candi-candi baru didaerah ini, dikutip dari berbagai sumber candi jiwa karawang dibangun pada abad ke-12 sampai abad ke-12 masehi.

Wisata Candi Jiwa Karawang

photo instagram by @gnfi

Dengan ditetapkan nya sebagai daerah sejarah dan juga mempunyai daya tarik pengunjung, maka pemerintah setempat menjadikan candi jiwa sebagai tempat wisata dan juga tempat untuk belajar sejarah lebih dalam lagi, lokasi nya tepat berada di Kec. batujaya – karawang.

Apabila kamu dari arah kota karawang, silahkan pergi menuju barat yakni menuju terminal tanjung pura, lalu mengambil arah menuju rengasdengklok, dari pasar rengasdengklok ambil arah timur atau belok kanan dan ikuti jalan selama kurang lebih 15 menit kamu akan menemukan papan petunjuk menuju candi jiwa yang sudah tidak jauh lagi.

Tiket Masuk Candi Jiwa

photo instagram by @ariefpokto

Tiket masuk candi jiwa tidak terlalu mahal hanya Rp.5000 perorang, kamu sudah bisa masuk dan menikmati candi jiwa, sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada saat pagi atau sore hari karena cuaca yang tidak terlalu terik, mengingat lokasi candi jiwa berada tepat ditengah pesawahan. Apabila kamu berkunjung pada siang hari jangan lupa siapkan topi agar tidak gosong 😀

photo instagram by @azizahh237

Sebagai informasi candi jiwa sendiri dievakuasi pada tahun 1997 sampai dengan tahun 2004, candi yang berbentuk persegi dan mempunyai ukuran 19×19 meter serta tinggi sekitar 4,7 meter dan mempunyai tangga untuk masuk seperti candi pada umumnya.

Halaman nya yang luas menjadikan pengunjung akan lebih leluasa mengunjungi candi ini, namun karena masih sedikit pepohonan yang ditaman tidak heran mungkin kamu akan sedikit kepanasan apabila berkunjung pada siang hari.

Bangunan dari candi tidak terbuat dari batu seperti pada umumnya candi, namun candi jiwa terbuat dari lempengan batu bata, pada jaman dahulu orang membuat bata dengan media dibakar menggunakan kayu bakar yang menjadikan batu bata terlihat lebih gosong, tidak seperti sekarang yang menggunakan media oven jadi terlihat tidak terlalu gosong.

Selain itu bentuk batu bata dari candi ini cukup besar tidak seperti batu bata pada umumnya. jadi kamu tertarik mengunjungi candi jiwa Karawang?

Apabila kamu sudah berkunjung kesini jangan lupa untuk berikan komentar kamu dibawah ini, serta ceritakan pengalaman kamu mengunjungi candi jiwa dikolom komentar ya. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.