Wisata Bendungan Walahar Karawang Peninggalan Belanda

Diposting pada

Disebuah daerah di Karawang timur terdapat sebuah bendungan besar atau lebih dikenal Bendungan Walahar yang dibawahnya terdapat sungai citarum, dimana fungsi bendungan ini sendiri yaitu mengalirkan air menuju sungai-sugai kecil yang ada di Karawang dan sekitarnya.

Panjang bendungan ini sangat panjang mencapai 200 meter dan mempunyai ketinggian lebih dari 150 meter yang membelah sungai citarum. Bangunan besar berwarna kuning menandakan ciri khas dari bendungan walahar itu sendiri.

Bendungan Walahar Karawang

Bendungan walahar sendiri merupakan sebuah bangunan peninggalan belanda yang sampai saat ini masih aktif untuk digunakan, bendungan ini membelah air menjadi dua bagian, yang pertama menuju arah barat ke bendungan utama atau sungai citarum, dan yang kedua mengarah ke utara untuk mengaliri sawah yang berada di karawang dan sekitarnya.

Sesuai namanya bendungan ini terletak di daerah walahar, klari, Karawang. tidak jauh dari pintu keluar tol karawang timur, kamu bisa mengambil jalan menuju utara atau pada lampu merah pertama keluar tol karawang timur kamu belok kanan, tidak jauh dari situ kamu sudah bisa menemukan arah menuju bendungan walahar.

Banyak aktifitas wisata yang dapat kamu lakukan disini, seperti memancing, berkumpul bersama keluarga, dan juga menikmati hidangan khas walahar seperti sate maranggi, ikan bakar, es kelapa segar yang banyak dijual di areal walahar.

Pada hari libur biasanya tempat ini ramai sekali dikunjungi baik itu oleh warga lokal ataupun dikunjungi oleh wisatawan, tidak hanya itu pada hari libur atau weekend biasanya terdapat pasar dadakan yang menjual berbagaimacam barang dagangan.

Mungkin bagi saya pribadi apabila kamu berkunjung ke walahar alangkah baiknya menikmati arus sungai dan rindangnya suasana pepohonan disini, kamu bisa memesan es kelapa segar sambil berkumpul bersama teman-teman ataupun orang terdekat.

Terdapat juga rumah makan yang cukup terkenal di walahar yakni rumah makan H. Dirja, dimana menu yang dihidangkan disini yaitu makanan khas sunda seperti ikan bakar, sayu asem, dan juga pepes jambal yang terkenal nikmatnya.

Jadi apabila kamu berkunjung ke Karawang, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini ya 😀 berikan pengalamanmu apabila sudah kesini melalui kolom komentar dibawah 😀

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.