Mengenal Vihara Shian Jin Ku Po di Karawang Jawa Barat

Diposting pada

Vihara Shian Jin Ku Po merupakan sebuah kelenteng yang berada didaerah Tanjung Mekar, Karawang Barat, sesuai namanya vihara merupakan sebuah rumah ibadah bagi para penganut agama buddha, seperti yang kamu ketahui buddha merupakan salah satu agama yang diakui di Indonesia.

Daerah ini merupakan sebuah komplek lingkungan masyarakat, didalam komplek tersebut tidak hanya ditinggali oleh umat buddha saja akan tetapi terdapat juga umat islam dan kristiani, yang artinya Indonesia selalu hidup rukun walaupun berbeda kepercayaan.

Vihara Shian Jin Ku Po

Gaya arsitektur khas cina melekat kental di daerah ini, tak heran banyak pengunjung yang mendatangi bangunan yang telah berusia kurang lebih 300 tahun ini, kamu juga bisa belajar langsung mengenai sejarah Vihara Shian Jin Ku Po.

Menurut informasi Vihara Shian Jin Ku Po didirikan pada tahun 1770 oleh para pendatang sekitar tiga orang dari cina yakni Tsee, Kau dan Lau. Awalnya kelenteng ini dijadikan tempat penyimpanan abu jenazah leluhur mereka atau Ma Ku Po yang artinya ( nenek Ku Po ) dari situ masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan Ma Ku Po Tanjungpura.

Lokasi Vihara Shian Jin Ku Po

Cukup mudah menemukan Vihara Shian Jin Ku Po lokasi nya berada ditepian sungai citarum menghadap timur, apabila kamu dari arah jakarta, bisa keluar tol karawang barat, lalu lampu merah by pass belok kiri menuju terminal tanjung pura, dari tanjung pura belok kiri mengikuti jalan turunan yang mengarah ke bawah jembatan sungai citarum, tidak jauh dari situ kamu akan menemukan Vihara Shian Jin Ku Po dengan pintu gerbang khas dekorasi tionghoa.

Lokasi Vihara Shian Jin Ku Po juga berada tepat diperbatasan antara karawang dan bekasi, lebih tepatnya kamu bisa melihat peta dibawah ini.

Karena Vihara Shian Jin Ku Po ini merupakan tempat atau destinasi wisata budaya kamu akan disuguhkan oleh seni bangunan khas china yang tentunya menjadi daya tarik bagi para pengunjung, tempatnya yang rapi dan juga sejuk membuat para pengunjung merasa nyaman mengunjungi vihara atau kelenteng ini.

Selai itu Vihara Shian Jin Ku Po juga merupakan salah satu tempat wisata religi tertua yang berada di Karawang, pada saat tahun baru imlek tempat ini akan sangat ramai oleh berbagai aktifitas dan kegiatan ibadah, namun tetap kamu masih bisa menikmati dan melihat langsung kegiatan warga disini, karena Vihara Shian Jin Ku Po terbuka oleh khalayak umum.

Selain aktifitas ibadah warga yang bisa kamu lihat, disini juga terdapat kolam ikan koi yang bisa kamu beri makan sendiri, selain itu terdapat juga penjual souvenir khas tionghoa yang dapat kamu beli untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh 🙂

Sekian mengenai informasi Vihara Shian Jin Ku Po, apabila kamu mempunyai pengalaman lain saat mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk berikan komentar dibawah ya.

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.