Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Touring Vespa Melintasi Pulau Jawa Menuju Kalimantan

2 min read

Hai kawan, betapa indahnya negeri ini, bumi yang sedang kita pijak saat ini, udara segar yang dihirup secara gratis, alam nan indah yang selalu kita nikmati dinegeri ini.

Dari sebuah kampung yang di penuhi pesawahan, sebuah tempat dimana saya dilahirkan, disebuah tempat saya dibesarkan, dan sebuah tempat kembali sejauh apapun saya melakukan perjalanan.

Karawang, saya kembali menelusuri jalanan Indonesia, tujuan pertama, tentunya mengunjungi kediaman seorang kawan yakni deni botak.

Dari rumah, saya mengarah menuju bandung, melewati jalanan karawang menuju purwakarta.

Begitupun dalam hidup, sesuatu hal apapun yang dilakukan dengan sesering mungkin akan menjadi lebih cepat dan juga menjadi terbiasa.

Entah sudah berapa kali saya melewati jalanan ini, cukup jauh namun karena seringkali dilewati jalanan akan terasa lebih dekat.

Tiba di padalarang hujan pertama diperjalanan pun turun, tak heran karena sudah berada dipengujung tahun dan musim hujan telah tiba.

Menempuh jalanan bandung ditemani dengan kemacetan dan hujan yang kembali turun dengan sangat lebat.

Sayapun tiba di majalaya dengan pakaian basah kuyup karena mantel hujan tertinggal dimotor yang lain.

hari berganti kami mengunjungi kamojang yang berada di perbatasan antara majalaya dan garut.

Sebuah jembatan besar atau kerap sekali disebut dengan jembatan kuning, view pemandangan yang begitu indah terlihat dari tempat ini.

Sepulang dari kamojang, motor saya mengalami kerusakan, dan terpaksa harus dibongkar untuk ganti bearing dan juga seal pada mesin.

Perbaikan dan Pembongkaran mesin pun dilakukan oleh seorang kawan yakni atep

Kawan yang berasal dari majalaya dan bekerja di makasar, saya dan atep bertemu saat touring ke makasar beberapa waktu yang lalu.

Usai melakukan prepare pada mesin, motor kembali normal, saya dan deni kembali memulai perjalanan.

Sekitar 15 menit menempuh perjalanan, hujan turun membasahi bumi, kami sudah prepare sebaik mungkin dengan membawa jas hujan agar tetap bisa melanjutkan perjalanan takala hujan turun kapanpun.

Menelusuri jalur lintas selatan menuju arah timur,  kami tiba di nagreg untuk istirahat sejenak.

Lalu melanjutkan kembali perjalanan, matahari tenggelam hari berganti malam kami tiba di tasikmalaya.

Terus menelusuri jalanan lintas selatan, ditemani dengan rintik hujan yang kadang berhenti dan tiba-tiba turun dengan besar.

Di wangon kami janjian dengan atep untuk bertemu dan bersama melanjutkan perjalanan menuju surabaya, karena atep akan menyebrang menuju makasar, saya dan deni menyebrang menuju Kalimantan.

Matahari kembali menyinari bumi, kami bertiga menempuh perjalanan menuju surabaya.

Tak lama dari itu hujan kembali turun dipagi hari, dan kami tetap melakukan perjalanan dengan sangat hati-hati karena jalanan yang cukup licin

Tiba di Kebumen kami mampir di tempat kediaman agung, untuk istirahat sekaligus silaturahmi.

Dan pada sekitar pukul 3 sore kami lanjutkan perjalanan, menelusuri jalanan deandles menuju jogja, entah sudah berapa kali kami melewati jalanan ini, dan jalan ini pula akses tercepat dan terdekat menuju jogja.

Tiba dideandles kami beristirahat dan sembari menunggu magrib tiba, dan tak lama dari itu perjalanan dilanjutkan.

Tiba di jogja sekitar pukul 10 malam kami singgah di kediaman chikon, seorang kawan yang pernah membantu mengantarkan motor deni dari jogja menuju bandung.

Dan pagi hari itu saya menikmati kota jogja kembali,

Dari jogja kami menempuh perjalanan kembali pada sore hari, menelusuri jalanan menuju solo.

Ditengah perjalanan motor yang saya tunggangi mengalami putus tali kopling, dan menghabiskan waktu sekitar 10 menit untuk mengganti dengan tali kopling yang baru.

Perjalanan pun dilanjutkan dari lintas selatan menuju jalanan lintas utara menuju surabaya.

Hingga sekitar pukul 9 malam kami tiba kembali diperbatasan jawa tengah dan jawa Timur.

Setiba didaerah caruban hujan kembali turun dengan deras nya, sesekali motor atep mengalami kerusakan saat hujan, menjadikan motor harus distep terlebih dahulu agar bisa menyala kembali.

Istirahat sejenak sekaligus mengahangatkan badan yang sudah kedinginan, kami beristirahat disebuah angkringan.

Di jombang kami beristirahat dan terlelap sejenak karena semalaman belum tidur.

Kembali menelusuri gelapnya jalan dan dinginnya angin malam,  hingga pada subuh hari kami tiba di Nganjuk dan menemukan kemacetan yang sangat panjang akibat sedang adanya perbaikan jalan.

Usai istirahat kami kembali menelusuri jalanan lintas utara dengan cuaca cukup cerah saat itu, namun seperti musim saat ini, cuaca cerah bisa saja tiba-tiba berganti hujan yang lebat.

Dan betul saja setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam hujan kembali datang dengan cukup lebat hingga membawa kami tiba di sidoarjo.

Tiba di surabaya kami terjebak kemacetan akibat adanya aksi demo saat itu, hingga membawa kami tiba di tanjung perak pada sekitar pukul 3 sore.

Pembelian tiket pun dilakukan, atep membeli tiket menuju makasar dan kami membeli tiket menuju banjarmasin kalimantan.

Pembelian tiket untuk satu motor sekitar 500rb dan perorang 300rb, jadi total biaya penyebrangan menuju kalimantan sekitarnya 800rb ditambah biaya rapidtest 150rb.

Sekitar pukul 7 malam kami mulai menaiki kapal kirana 9 yang akan membawa kami menuju banjarmasin,

Sebelum menaiki kapal terdapat pemeriksaan kelengkapan surat motor oleh petugas kepolisian dan juga pemeriksaan tiket kapal oleh petugas pelabuhan.

Dan barulah kami sudah bisa menaiki kapal yang akan membawa kami menuju borneo.

Tonton video dibawah ini untuk menyaksikan petualangan lebih lengkap.