Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Servis Vespa untuk Kembali Memulai Perjalanan Jelajah Indonesia

2 min read

vespa sprint bagol dan vbb

Berikut ini adalah sebuah rangkuman yang saya tulis untuk narasi sebuah video di youtube dan juga untuk postingan di blog ini mengenai proses melakukan prepare pada kendaraan vespa sebelum kembali melakukan perjalanan.

Prepare Kendaraan Vespa sebelum Touring

Kami memulai perjalanan kembali, setelah beberapa lama tak melakukan perjalanan kemanapun, karena tersibukan oleh urusan pekerjaan dan juga urusan masing-masing.

Setelah lebaran ditahun 2021, kami berencana untuk kembali melakukan perjalanan, menikmati setiap centimeter langkah jalanan dan membuat cerita baru yang tak akan terlupakan.

Sangat rindu rasanya, setelah sekian lama hanya disibukan oleh pekerjaan dan kegiatan harian pada umumnya.

Seperti biasa perjalanan saya dan deni selalu tanpa rencana, membiarkan semesta membawa kami ke tempat mana yang dikehendaki.

Sama seperti diperjalanan sebelumnya, jika kebanyakan orang melakukan perjalanan secara terstruktur dengan target tempat tujuan.

Sangat berbeda dengan kami yang kadang tak mempunyai target tujuan harus tiba disuatu tempat manapun, dan perjalanan yang selama ini kami lakukan tidak begitu memakan waktu hingga berbulan-bulan lamanya, yang paling lama saat melakukan perjalanan kemarin, menempuh perjalanan selama 3 bulan dari pulau jawa menuju kalimantan dan Sulawesi.

touring motor vespa ke kalimantan

Perjalanan yang sangat berkesan, kami banyak bertemu teman baru dan mengalami kejadian tak terduga, jurnal perjalanan tersebut dapat kalian saksikan di playlist nazar adventure season ke 2.

Kali ini saya memulai perjalanan dari rumah di Karawang menuju bandung, tepatnya menuju kediaman deni di Majalaya, menempuh perjalanan menuju jalan baru karawang atau jalanan lintas utara menuju jalan yang cukup terkenal yakni pantura.

Dari karawang saya mengambil arah menuju ke purwakarta dan menuju cikalong, terlihat jalanan ini cukup dipenuhi oleh kendaraan besar yang mendominasi dan beberapa kemacetan yang terjadi.

Semakin mengarah menuju bandung, jalanan semakin berubah dari datar menjadi menanjak, tentu karena jalanan ini merupakan daerah pegunungan, tak hanya itu suhupun berubah dari panas menjadi cukup dingin khas daerah pegunungan, saya begitu menikmati perjalanan ini, hingga tak terasa bertemu kemacetan dan tibalah di daerah Cimahi.

memulai perjalanan kembali

Dari cimahi saya langsung menuju ke majalaya, total kurang lebih menempuh perjalanan selama 3 jam dari karawang menuju majalaya.

Memulai Prepare Mesin Motor Vespa

Di majalaya kami berencana akan prepare kendaraan kembali, karena semenjak pulang melintas jawa-kalimantan dan Sulawesi tidak ada hal apapun yang saya lakukan pada bagian mesin, padahal motor ini hampir setiap hari saya gunakan untuk aktifitas harian.

Terlihat bagian mesin masih tertumpuk oleh tebalnya debu jalanan yang menempel.

mesin vespa sehabis touring

Beberapa part akan saya ganti sebelum melakukan perjalanan kembali, pertama kampas kopling yang sudah lama tidak diganti, walaupun saat dibuka ternyata kampas masih dalam keadaan baik, tetapi saya tetap mengganti untuk mengantisipasi kehabisan kampas kopling saat diperjalanan.

Kedua mengganti as ayun depan dan juga bearing roda depan karena kondisi yang sudah tidak baik, saya di bantu oleh kang dede untuk prepare motor kali ini.

Selain itu saya juga mengganti shockbreker belakang yang sudah bocor dan juga karet dudukan shock pada mesin yang sudah tidak dalam keadaan baik.

servis motor vespa bang eng bandung

Kami sempat menunda perbaikan motor hingga beberapa hari karena ketersediaan sparepart yang belum ada, sembari mencari sparepart, kami menikmati kota Bandung terlebih dahulu dengan silaturahmi kebeberapa kawan, salah satunya di pasar Cikapundung

Salah satu surga barang lawasan dan barang antik tersedia disini, jika kalian mencari barang antik yang cukup banyak koleksinya pasar cikapundung adalah tempatnya.

Setelah pencarian sparepart selesai, kami mulai kembali prepare motor dengan di bantu oleh kang dede, mulai dari membersihkan kotoran pada mesin yang sudah cukup tebal oleh debu, lalu mengganti shockbreaker dan ring pada roda bagian depan

Tak ada masalah yang cukup berat pada bagian mesin selama motor terus digunakan, hanya saja masalah pada kaki-kaki yang membuat motor terasa kurang nyaman.

Usai melakukan perbaikan, kini motor vespa sprint saya siap untuk melakukan perjalanan, deni juga melakukan prepare pada motornya, untuk perjalanan kali ini, dia menggunakan vespa vbb keluaran tahun 1962 yang masih original dengan mesin bawaan asli motor.

Kami berjalan jalan terlebih dahulu di daerah bandung dan majalaya bersama teman-teman, menikmati suasana kota dan juga pegunungan di daerah Kamojang yang mempunyai suhu cukup dingin.

Sebelum benar-benar melakukan perjalanan, kami kembali mengecek kendaraan termasuk mengganti oli dan kembali dibantu oleh bang eng atau kang dede, Kini motor siap untuk melakukan perjalanan kembali.

Cukup lama saya berada di Majalaya tepatnya di tempat kediaman deni selama lebih dari 1 minggu, hal ini karena persiapan motor dan juga karena ada beberapa urusan terlebih dahulu yang harus diselesaikan sebelum bener-benar kembali melakukan perjalanan.

Untuk versi video visual dapat kalian saksikan cerita prepare motor yang saya lakukan berikut ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.