Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Perjalanan Menuju Nusa Tenggara Timur

2 min read

motor vespa digantung

Perjalanan menciptakan sejuta cerita, beribu makna, berbagai macam rasa, ia dapat mempertemukanmu dengan sesuatu yang indah, dan kadang dengan sesuatu yang menyakitkan.

Dibalik engkau menemukan sesuatu apapun itu, percayalah ada sebuah keajaiban dan harapan yang akan merubah hidupmu, dan dalam sebuah perjalanan, engkau akan menemukan kembali hidupmu yang hilang.

Perjalanan Menuju Nusa Tenggara Timur

Dari enrekang kami melanjutkan kembali perjalanan menuju makasar pada malam hari, kami pamit kepada kawan2 enrekang, dan perjalananpun dimulai menelusuri gelapnya malam.

Menempuh jalan pegunungan dengan cuaca dan suhu yang cukup dingin.

Sangat jarang kami menemukan lampu penerangan saat melewati jalur lintas ini, untung saja terbantu dengan lampu penerangan dari motor yang cukup menerangi jalanan yang kami tempuh.

Ketika memasuki suatu daerah atau perkotaan barulah terdapat lampu jalan yang cukup menerangi Perjalanan.

Terus melewati jalur lintas Sulawesi hingga tiba kembali di sidrap.

Sekitar pukul 12 malam kami tiba kembali di Kota Parepare seiring dengan Hujan turun membasahi bumi.

Saat tak sengaja berhenti di parepare kami bertemu kawan vespa yang mengajak untuk meneduh dan juga menginap, yakni kawan dari PERS scooter parepare yang ternyata teman dari uda, seorang kawan yang kami temui saat perjalanan menuju parepare.

Pagi berganti kembali, dan hari itu kami habiskan waktu untuk silaturahmi dan mengobrol dengan kawan vespa di parepare.

Hingga tak terasa waktu sore menyapa kami kembali, lalu melanjutkan perjalanan menuju gowa Makasar.

Kami lanjutkan perjalanan kembali pada malam hari, berangkat dari parepare sekitar pukul setengah 7 malam, Kembali melewati jalanan lintas pada malam hari, hingga akhirnya membawa kami kembali tiba di gowa tepatnya di kediaman sandi pada pukul setengah 10 malam.

Pagi harinya kami berencana akan menyebrang menuju NTT dan merayakan lebaran idul adha di kapal.

Namun berhubungan jadwal kapal menuju NTT sudah terlewat akhirnya kami menunggu kapal lainnya dan merayakan lebaran idul adha saat itu di gowa, bersama sandi, pace, dan sekeluarga.

Sungguh baik bapak angkat Sandi, seraya seperti keluarga, kami dihidangkan ketupat dan sop sapi sebagai makanan khas lebaran idul adha. Susana lebaran seperti ini yang tak akan kami lupakan.

Waktu terus berlalu, hari berganti kami belum menemukan jadwal perjalanan kapal menuju NTT dari makasar.

Kejadian meminang vespa seperti saat di sumatra pun terulang kembali.

Suatu ketika, ada seorang kawan atep yang menawarkan vespa super keluaran tahun 1969 yang masih orisinil untuk dijual, tanpa pikir panjang, Akhirnya saya meminang vespa tersebut, dan melanjutkan perjalanan dengan vespa super berwarna biru keluaran tahun 1969 ini.

Dan vespa sprint hijau akan dikirim ke rumah melalui cargo dan di urus oleh sandi.

vespa super 1969 full original

Kami kembali mancari info penyebrangan menuju NTT, dan setelahnya dapat jadwal kapal, sesegera mungkin prepare kembali untuk meninggalkan sulawesi, sebelum pemberangkatan kami mampir terlebih dahulu dikediaman ochi dan eky.

Waktu menunjukan sekitar pukul 4 sore, lalu kami berangkat menuju Pelabuhan makasar di antar oleh sandi, ochi dan kawan-kawan.

Sedikit ribet saat mengurus persyaratan menaiki kapal, kami harus membuat surat jalan terlebih dahulu di kantor polisi terdekat, memvalidasi Surat rapidtest, mengisi data melalui aplikasi kesehatan, dan barulah mengurus tiket dan juga memasukan motor kedalam kapal menggunakan crane.

penyebrangan makasar ke ntt

Sedikit khawatir saat motor akan di gantung memasuki kapal, mengingat motor yang kami gunakan cukup berumur tua, dan juga para pekerja pelabuhan seperti tidak biasa saat mengikat motor vespa dengan tambang untuk digantungkan.

Selesai motor memasuki kapal, akhirnya kami berpamitan dengan sandi, atep, dan icang.

Kami memasuki kapal pada malam hari, namun sangat kaget ketika melihat begitu padatnya penumpang dikapal sabuk nusantara 49 ini. Mengingat perjalanan kapal akan menempuh waktu selama 2 hari 2 malam.

Singkat cerita agar bisa beristirahat dengan nyaman, akhirnya kami bertemu dengan pak agung, seorang KKM atau kepala kamar mesin, merupakan seorang yang sangat berperan penting di sebuah kapal.

Kamipun di ijinkan untuk menginap di kamar beliau, alhamdulillah perjalanan menuju reo NTT selama 2 hari 2 malam kami habiskan dengan senyaman mungkin.

Malam kedua kapal transit di pulau jampea, semua penumpang turun untuk istirahat membeli makanan di pulau yang terbilang kecil ini.

Kami juga diajak berjalanan-jalan mengelilingi kapal hingga ikut menyalakan mesin kapal, Sungguh pengalaman berharga yang sangat jarang kami dapatkan.

Setelah menempuh perjalanan di kapal selama 2 hari 2 malam kami tiba di reo NTT.

Setelah berpamitan dengan pak agung, ternyata prosedur turun kapal cukup memakan waktu, karena para penumpang turun harus di semprot densipektan, mencuci tangan, dan mengisi data terlebih dahulu.

Yang harusnya bongkar muat motor pada pagi hari, harus menunggu terlebih dahulu sampai prosedur selesai.

Saat menunggu semua urusan selesai kami kembali bertemu dengan pak agung, dan saat itu beliau menawarkan untuk mampir terlebih dahulu ke rumah saudaranya yang tak jauh dari pelabuhan reo.

Proses penurunan motorpun dilakukan.

motor vespa digantung

Dan kami berangkat menuju kediaman vincen seorang kawan yang juga saudara dari pak agung.

Selamat datang di nusa Tenggara Timur, kami datang

Untuk lebih jelas mengenai cerita perjalanan ini, silahkan tonton video dibawah ini sampai selesai 🙂

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.