Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Perjalanan Menuju Nergi diatas Awan Toraja – Part 1

1 min read

Perjalanan kadang memberikan sebuah kejutan tanpa dugaan, berbagai macam rasa sering kali terlitas dalam sebuah perjalanan. Rasa sedih, senang, takut dan rasa rindu terus menghampiri seorang petualang. Hal yang wajar, karena kita tidak akan mengetahui cerita apa yang akan tuhan berikan.

Setelah dari parepare, kami lanjutkan kembali perjalanan menuju toraja, memulai perjalanan di parepare sekitar pukul 10 siang.

Mengambil rute menuju jalan poros parepare – sidrap, saat meninggalkan parepare. Jalanan berubah kembali menjadi pegunungan dengan jalur yang menikung cukup tajam, pemandangan indahnya pegunungan menemani perjalanan kami takala itu.

perjalnan parepare menuju toraja

Kami tiba di sidrap sekitar pukul 12 siang, saat itu beristirahat dipinggir jalan disebuah tempat pedagang batagor yang ternyata merupakan warga dari jawa barat yang merantau ke Sidrap – Sulawesi Selatan. Usai beristirahat perjalanan kami lanjutkan, dari sidrap memasuki kabupaten enrekang.

batagor di sidrap

kabupaten enrekang

Jalanan mulus dan tikungan yang cukup tajam serta menanjak berada dijalanan poros sidrap enrekang tator (Tana Toraja). Di suatu tempat, jalanan yang mulus berubah menjadi jalanan berlubang karena akan diperbaiki.

Tak sengaja, didepan persis terdapat mobil yang sedang menyalip jalanan berlubang, dan saya persisi berada di belakang mobil tersebut, yang akhirnya menghantam jalan berlubang hingga terjatuh.

Untung saja tidak kenapa2 dan hanya sayap motor yang bengkok dan spakbor yang lecet akibat motor terguling, sekitar 10 menit memperbaiki motor dan menenangkan diri sejenak, lalu perjalanan kami lanjutkan.

Saat kami melewati jalur ini, cukup banyak jalanan berlubang yang sedang di perbaiki, tak lama dari itu kami tiba di kota enrekang, istirahat sejenak di sebuah minimarket.

Ditengah perjalanan hujan turun seiring dengan dinginnya cuaca saat itu, Setelah meneduh sebentar disebuah bengkel hujan kembali reda, tak lama kami melanjutkan perjalanan hujan kembali turun, ah memang menyebalkan.

Kami masih menelusuri jalan poros hingga tiba di suatu tempat dengan pemandangan nya yang luar biasa indah, sebuah pemandangan indah dari gunung nona.

pemandangan indah gunung nona enrekang

Kami lanjutkan perjalanan kembali, hingga tiba di enrekang duri untuk beristirahat makan disebuah warung makan, tiba di perbatasan enrekang tana Toraja, terdapat pemeriksaan yang cukup ketat, pertama kami diharuskan cuci tangan terlebih dahulu, setelahnya cek suhu, dan melaporkan surat rapidtest kepada petugas.

Untuk bisa masuk ke toraja kami harus mempunyai surat rapidtest yang masih berlaku, berhubungan surat rapidtest test yang sudah melebihi masa berlaku, maka mau tidak mau kami harus rapidtest tes kembali di perbatasan tana toraja pada besok pagi.

perbatasan tana toraja

Malam itu kami kembali ke enrekang dan bertemu dengan kawan dari komunitas vespa PASTI persatuan scooter tanah duri, kami menginap dikediaman uchi di daerah enrekang duri bersama dengan teman2 dari pasti.

Pagi hari berganti, usai sarapan dan mandi, kami berpamitan kepada teman2 untuk melanjutkan perjalanan menuju toraja dan juga rapidtest terlebih dahulu.

Cerita lengkapnya saksikan video dibawah ini.

Salam Adventure – Nazar Adventure.