Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Perjalanan Makasar menuju Kota Parepare

1 min read

Setelah beberapa hari tinggal di Gowa dan Makasar kami akan melanjutkan perjalanan dari Makasar menuju Kota Parepare.

Sebelum kembali melanjutkan perjalanan, saya prepare kembali kendaraan, yaitu mengganti ban belakang yang sudah mulai habis, dan memperbaiki kembali rem yang sudah mulai longgar.

Karena menurut informasi, jalur yang akan kami lalui merupakan daerah pegunungan, maka peran ban dan juga rem sangat penting sekali.

ganti ban vespa saat touring

Kami di bantu atep dan juga sandi saat prepare motor, Malam terakhir sebelum melanjutkan perjalanan, kami menikmati kota makasar malam itu bersama kawan – kawan.

Pagi kembali menyapa kami, dan saatnya melanjutkan perjalanan menuju kota parepare, Kami berpisah dengan sandi dan juga bapak angkatnya yang sudah menerima kami di gowa.

Terimakasih a sandi dan juga bapak yang sudah menjamu kami selama di gowa, semoga selalu diberikan kesehatan.

Atep ikut dalam perjalanan mengantarkan kami menuju parepare, oya atep adalah seorang kawan yang asli berasal dari bandung dan sudah lama menetap di Makasar.

Senang sekali rasanya seperti bertemu sodara sendiri diperjalanan, begitupun dengan sandi yang asli orang sunda namun sudah menetap di gowa.

Menelusuri jalanan gowa menuju ke pangkep, sesekali menemukan jalanan dengan view yang bagus.

touring vespa makasar ke parepare

Ditengah perjalanan motor saya kehabisan bensin, dikarenakan lupa untuk res dan jalanan cukup panjang tak ada pom bensin, sekitar 5 menit step motor, saya menemukan pom bensin dan mengisi penuh tangki bensin.

Di perbatasan menuju maros motor yang dikendarai atep trouble, yakni spi magnet yang patah, untung saja kami membawa spi magnet cadangan, dan atep pun seorang mekanik jadi tidak terlalu menjadi masalah yang besar.

vespa trouble saat touring

Perjalanan kami lanjutkan, menelusuri jalan poros atau jalan nasional, Jalanan maros menuju pangkep dan pare2 mirip2 seperti jalanan pantura, lurus terus dan berada di pinggiran pantai.

Hanya berbeda cuaca, disini tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu banyak kendaraan besar berlalu lalang.

jalan lintas sulawesi

Tiba disebuah rumah makan, kami mengisi perut yang sudah mulai keroncongan lalu perjalanan di lanjutkan kembali, tiba di barru motor atep kembali trouble, tidak butuh waktu yang lama memperbaiki masalah ini.

Hamparan pemandangan indah pesawahan dan gunung, menemani perjalanan kami saat itu

touring vespa ke parepare

Hingga sore hari tiba diperjalanan, kami menemukan view pantai yang sangat bagus sekali, tak lupa mengabadikan momen dan juga sambil istirahat sejenak.

Perjalanan menuju parepare ditemani oleh sunset atau matahari tenggelam sepanjang perjalanan, Walaupun sinar mentari menyilaukan pandangan, akan tetapi kami masih bisa menikmati pergantian siang menjadi malam di perjalanan.

Hingga pukul 6 sore, kami tiba di kota parepare, sebuah kota kecil yang mempunyai keindahan dan sejarah yang tinggi.

km0 parepare

Parepare merupakan kota kelahiran seorang B J Habibi yakni presiden ke-3 republik indonesia, dikota ini juga terdapat sebuah patung yang mengabadikan jasa beliau, yakni patung cinta sejati habibi ainun.

Di Parepare kami bertemu dengan uda, kawan atep yang tinggal disini, ia juga yang mengantarkan kami menuju tempat penginapan yang sudah kami pesan dan juga mengajak kami menikmati kota parepare, terimakasih uda.

Dan juga Terimakasih atep yang sudah mengantarkan kami menuju parepare, setelah parepare perjalanan kami lanjutkan menuju toraja.

Cerita lengkap mengenai perjalanan Makasar menuju Kota Parepare saksikan pada video dibawah ini.