Monumen Rawa Gede Karawang yang Penuh Sejarah

Diposting pada

Karawang merupakan salah satu kota yang cukup bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia, salah satu tempat yang cukup bersejarah di karawang yaitu Monumen Rawa Gede, sebuah monumen yang menceritakan perjuangan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan khususnya di daerah rawa gede – karawang.

Berlokasi di Desa Balong Sari, Rawamerta, Karawang, mempunyai jarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota karawang, keberadaan monumen ini cukup jauh dari keramaian sehingga terlihat lebih asri dan suasana lebih sejuk.

Monumen Rawa Gede Karawang

photo instagram by @sriwahyuni080417

Monumen Rawa Gede merupakan sebuah makam taman pahlawan para pejuang yang khususnya telah gugur pada pembantaian masal rawa gede, dan dibangun monumen ini untuk mengenang pembantaian masal yang menewaskan kurang lebih 431 orang warga pada tahun 1947 oleh Belanda.

Berdiri pada tahun 1996, monumen rawa gede menjadi saksi bisu kebiadaban belanda pada masa itu, penjajah belanda membantai setiap warga masyarakat rawa gede yang terlihat dan tidak mau memberikan informasi, dari hal tersebut kenapa Kota Karawang disebut sebagai Kota Pangkal Perjuangan.

Monumen Rawa Gede terbagi menjadi 2 lantai, di lantai pertama kita dapat melihat patung dan relief yang menceritakan kejamnya pembunuhan masal yang dilakukan oleh belanda pada saat itu terhadap masyarakat karawang.

Selain itu relief ini juga menggambarkan betapa berat nya mempertahankan kemerdekaan sampai harus merenggut nyawa, ketika para warga menggunakan senjata bambu runcing sementara belanda menggunakan senjata api.

Kemudian dilantai atas terdapat anak tangga yang berjumlah 17 anak tangga yang mempunyai arti bahwa tanggal 17 hari kemerdekaan Indonesia, denah bangunan lantai berupa persegi delapan melambangkan bulan kemerdekaan, dan piramid terbagi 4 setinggi 5 meter mampunyai arti tahun kemerdekaan Indonesia.

Selain itu terdapat patung perunggu seorang ibu yang dipangkuannya terdapat tubuh suami dan anaknya yang tewas ditembak. Dibelakang patung tersebut terdapat tulisan potongan puisi Karawang – Bekasi karya Chairil Anwar.

photo instagram by @p.romauli

Makam Taman Pahlawan Rawa Gede

Dibelakang monumen terdapat sebuah halaman yang tidak terlalu luas, halaman ini berfungsi sebagai tempat untuk upacara dan sekaligus sebagai lambang jembatan emas antara perjuangan bangsa Indonesia dengan kemerdekaan.

Makam pahlawan ini diberinama Sampurna Raga yang mempunyai arti (Raga Sempurna) disetiap makam terdapat nama korban yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan.

Sebanyak 181 orang yang dimakamkan disini, pada kurun waktu bulan januari – oktober 1948 terdapat 43 orang yang gugur dan pada bulan juli – desember sebanyak 17 orang yang gugur.

Untuk kamu yang sedang berkunjung ke karawang, jangan lupa untuk berkunjung ke Monumen Rawa Gede karena akan banyak pembelajaran hal baru mengenai sejarah dan budaya ditempat ini.

Tiket masuk ke monumen ini sangat murah, kamu hanya membeli tiket seharga Rp.2000,- perorang sudah bisa untuk masuk, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, terdapat mushola untuk solat dan juga toilet.

Lingkungannya pun cukup bersih, dan terawat dengan baik, didepan monumen banyak orang yang berjualan cemilan dan juga jajanan, jadi jangan takut untuk kelaparan 😀

Sekian mengenai informasi Monumen Rawa Gede semoga bisa bermanfaat dan juga menjadi referensi untuk kamu, apa bila kamu sudah berkunjung kesini dan mempunyai pengalaman lain, silahkan ceritakan pengalamanmu dikolom komentar dibawah.

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.