Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok yang Penuh Sejarah

Diposting pada

Berbicara mengenai Karawang tak luput dari sejarah kemerdekaan Indonesia, dan salah satu tempat yang cukup bersejarah yakni Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok, menurut informasi dulunya tempat ini merupakan markas tentara PETA.

Lokasi monumen atau tugu ini berada sekitar 20 kilometer dari Kota Karawang, untuk kamu yang dari arah kota Karawang bisa mengunjungi monumen ini dengan mengambil arah menuju terminal tanjung pura, setelahnya mengambil arah menuju rengasdengklok sejauh 15 kilometer, kamu akan menemukan arah menuju tempat ini.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Didalam monumen terdapat 4 bulatan yang mengartikan empat penjuru mata angin, sementara tangan mengepal melambangkan arti sebuah tekad untuk memperjuangkan dan menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Dibelakang tugu ini terdapat dinding yang menggambarkan kisah perjalanan proklamasi, dan juga terdapat relief yang menggambarkan saat presiden Soekarno-Hatta dibawa ke rengasdengklok pada 16 Agustus 1945.

Menurut informasi Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok dibangun pada tahun 1950 diatas tanah seluas 1500 meter persegi dengan biaya Rp.17.500,- dimana uang itu merupakan hasil dari sumbangan pemerintah dan juga hasil dari sumbangan masyarakat.

Penjaga Tugu yang Turun Temurun

Tugu kebulatan tekad ini dijaga oleh seseorang yang turun temurun dari seseorang yang merupakan veteran PETA. Penjaga disinipun sudah cukup berumur dan saling mewariskan kepada setiap keturunan nya untuk menjaga tugu kebulatan tekad.

Pada saat kita mengunjungi tugu ini pasti akan menemukan penjaga tersebut dan kita bisa belajar langsung mengenai sejarah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok.

Menurut informasi dari penjaga, saat kita ingin mengujungi monumen ini harus bersikap sopan dan tidak berbicara yang kasar, serta tentunya menjaga kebersihan tempat ini. Apabila ingin mendokumentasikan tugu ini alangkah baiknya untuk ijin terlebih dahulu.

Tidak ada tiket masuk untuk memasuki Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok, kamu yang baik bisa memberikan uang tip kepada penjaga, karena setiap harinya beliau menjaga dan membersihkan tempat ini, sehingga selalu nyaman untuk di kunjungi oleh wisatawan.

Sekian mengenai informasi tentang Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok, semoga bisa menjadi referensi untuk kamu, apabila punya pengalaman lain saat berkunjung kesini, jangan sungkan ceritakan pengalaman mu dikolom komentar dibawah.

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.