Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Mengunjungi Masjid Raya Sumatra Barat Masjid Terbesar!

1 min read

masjid raya sumatra barat

Saat saya berkunjung ke Kota Padang tak lupa untuk mengunjungi Masjid Raya Sumatra Barat yang merupakan masjid terbesar di Provinsi Sumatra Barat, masjid yang iconic khas rumah minang ini terletak di Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Di buka pada 4 Januari 2019 masjid ini menjadi salah satu masjid kebanggan warga Sumatra Barat, karena bangunannya yang besar tak lepas dari unsur budaya yang kenta, masjid ini di desain oleh Rizal Muslimin dengan diawali peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007.

Masjid Raya Sumatra Barat

touring vespa ke padang

Sebelum berkunjung ke masjid raya sumatra barat saya juga mengunjungi Mandeh dan juga Jam Gadang Bukittinggi yang dimana tulisan tersebut dapat kalian baca dengan mengklik pada tautan di atas.

Tidak banyak dokumentasi yang saya lakukan di mesjid ini hanya menjepret beberapa foto dan juga beberapa video untuk saya gabungkan di channel YouTube saya Rudi Nazar.

Untuk mengunjungi masjid ini kalian dapat mengikuti titik kordinat yang ada pada maps dibawah ini.

Masjid ini mempunya parkiran yang sangat luas, dan juga didalamnya terdapat interior yang luar biasa mewah, semakin menambah khusunya beribadah.

Jika kalian berkunjung ke kota padang jangan lupa untuk mampir ke masjid yang satu ini, dan juga tetap menjaga kebersihan saat dimanapun berada demi kenyamanan bersama.

masjid raya padang

Oya untuk yang ingin kuliner atau sekedar jajan, di mesjid ini terdapat fasilitas warung-warung yang berjualan tak jauh dari parkiran motor, sangat konsep yang bagus selain menguntungkan para pedagang hal ini juga tentunya agar saling membantu jamaah yang ingin makan tanpa harus keluar area mesjid sangat win-win solution atau saling menguntungkan.

sedikit sejarah yang saya ambil dari wikipedia mengenai mesjid ini, pada awal rencana, Masjid Raya Sumatra Barat akan dibangun dengan biaya sedikitnya Rp600 miliar karena rancangannya didesain dengan konstruksi tahan gempa. Kerajaan Arab Saudi pernah mengirim bantuan sekitar Rp500 miliar untuk pembangunan masjid, tetapi karena terjadi gempa bumi pada 2009, peruntukan bantuan dialihkan oleh pemerintah pusat untuk keperluan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-bencana. Pada 2015, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta anggaran pembangunan dipangkas. Pemangkasan anggaran membuat desain masjid berubah di tengah jalan, termasuk pengurangan jumlah menara dari awalnya empat menjadi satu.

masid raya di padang

Sekian mengenai informasi tentang Masjid Raya Sumatra Barat, semoga menambah informasi dan juga referensi untuk kalian yang ingin berkunjung kesini, saya Rudi Nazar sampai jumpa diperjalanan selanjutnya.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.