Mengenal Gunung Sanggabuana yang Penuh Misteri

Diposting pada

Banyak yang tidak tau kalau karawang mempunyai sebuah gunung, dan gunung yang terkenal di karawang yaitu Gunung Sanggabuana, gunung yang terletak di daerah loji ini menyimpan banyak cerita misteri dan juga salah satu gunung yang cukup ramai dikunjungi.

Bukan oleh wisatawan melainkan para warga lokal Karawang ataupun bahkan dari luar kota karawang, Gunung Sanggabuana mempunyai ketinggian 1.291 mdpl, gunung ini juga menjadi pembatas 5 daerah sekaligus, yakni karawang, cianjur, bogor, purwakarta, dan bekasi.

Gunung Sanggabuana

Banyak orang yang mengunjungi Gunung Sanggabuana untuk berjiarah, karena puncak gunung terdapat sebuah makam para leluhur dan tokoh besar sunda, menurut sejarah dulunya dipuncak gunung sanggabuana terdapat tujuh patilasan tua, yang merupakan patilasan tokoh sunda jaman dahulu.

Pada saat ini banyak orang yang memang membuat makam baru untuk kepentingan dan tujuan pribadi, hal ini yang menjadikan semakin banyaknya orang yang berkunjung ke puncak gunung sanggabuana dan disusul dengan banyaknya warung-wrung yang berdiri diatas puncak gunung.

Di gunung sangabuana masyarakat meyakini bahwa terdapat sebuah kota misteri yang hilang yaitu kerajaan Kuta Tambaga, tradisi banyak menceritakan bahwa di kaki Gunung Sanggabuana lebih tepatnya di kaki Gunung Sanggabuana pernah berdirinya sebuah kota kuno pada masa Nagara Sunda abad 7-13 M. Dikarenakan tejadi sebuah bencana alam yang dahsyat kota tersebut menjadi hilang.

Selain itu yang menjadi cerita cukup mistis lainnya ialah bahwa di sisi gunung sanggabuana terdapat tempat persembunyian mahluk aneh yang disebut Aul menurut informasi berada di Gunung Cabe Areuy, Dinding Ari dan Curug Cikoleangkak.

Aul ini semacam mahluk misterius berbentuk manusia akan tetapi mempunyai kepala anjing yang posisinya kebalik, masyarakat juga menyebutnya kalangkang, percaya atau tidak hal tersebut menurut informasi dari gunung sanggabuana.

Pendakian Gunung Sanggabuana

Walaupun terkenal dengan gunung yang cukup mistis, tidak menjadikan gunung ini sepi dan tidak menjadi tujuan para pendaki atau pencinta alam.

Banyak juga para pecinta alam atau penggiat alam yang melakukan hiking atau naik gunung di sanggabuana, apalagi gunung ini terkenal dengan tanjakan 2 jam, dimana sebuah jalur yang terus menanjak selama kurun waktu 2 jam.

Untuk pendaki yang baru awal-awal kesini pasti akan dikagetkan dengan puncak gunung yang terdapat warung, jadi untuk menaiki gunung sanggabuana, kamu tidak perlu repot membawa makanan atau peralatan yang banyak, karena dipuncak sudah ada fasilitas yang cukup lengkap, seperti warung, mushola, toilet, bahkan disediakan gazebo untuk para tamu yang menginap.

Para pecinta alam juga sering melakukan kegiatan bersih-bersih gunung sanggabuana, atau lebih dikenal dengan sapu gunung, kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan gunung dari sampah-sampah orang yang tak bertanggung jawab, karena sudah membuang sampah sembarangan.

Gunung Sanggabuana bisa menjadi tujuan yang menarik untuk kamu daki, mengingat ketinggian gunung ini juga tidak terlalu ekstrim.

Apabila kamu sudah pernah menaiki gunung ini dan punya pengalaman lain, jangan sungkan untuk ceritakan pengalaman mu di kolom komentar bawah ya.

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

1 komentar

  1. Berarti sya di saat perjalan malam bertemu dengan aul yg bentuknya seram. Selalu mengikuti smpai makam pertama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.