Kawah Wurung dengan Keindahan Alam yang Luar Biasa

Diposting pada

Masih menjelajah pulau jawa, dan saya masih berada di banyuwangi untuk melakukan perjalanan menuju kawah wurung dengan seorang diri dan kendaraan vespa, dari muncar Banyuwangi saya memulai perjalanan menelusuri jalanan perkotaan lalu mengambil arah menuju Bondowoso.

Jurnal cerita sebelumnya dapat kalian baca disini : Waduk Bajulmati Raja Ampat Mini yang ada di Situbondo

Jalanan berubah menjadi pegunungan dengan treknya yang terus menanjak saat saya tiba di daerah licin, Banyuwangi.

Namun sebuah perjalanan, ketika kita menemukan kesulitan kadang semesta selalu memberikan keindahan alam yang tak terduga dan begitu indahnya untuk kita nikmati dan syukuri sepanjang perjalanan.

Begitupun dengan jalanan yang saya lalui, dimana treknya cukup ekstrim untuk sebuah vespa dengan mesin tua yang masih standar tanpa melakukan upgrade apapun.

Pemandangan pesawahan dan sejuknya udara pegunungan menemani perjalanan saya menuju Kawah Wurung.

Jalanan Menuju Kawah Wurung

ke kawah wurung naik vespa

Pada sebuah jalan menuju kawah wurung atau kawah ijen saya teringat ketika 2018 yang lalu untuk pertama kalinya menaiki kawah ijen.

Dimana saat itu melakukan perjalanan pada malam hari dan melewati jalanan ini pada tengah malam sekitar pukul 11 malam, karena melakukan pendakian menuju kawah ijen dibuka pada pukul 1 dini hari.

Waktu itu saya membawa vespa sendiri melewati jalanan ini dan tak ada orang satupun, hanya ditemani dengan suara mesin dan cahaya rembulan yang cukup terang saat itu.

Hutan ini begitu rimbun dan gelap tidak ada penerangan sepanjang perjalanan, ditambah treknya yang menanjak curam dan juga licin karena banyaknya kubangan air.

Saya juga masih ingat waktu melewati jalan ini saat itu kondisi lampu motor yang kadang mati dan juga menyala sendiri.

Pengalaman pribadi yang lumayan mistis dan takan terlupakan saat itu.

Saat ini saya mengulang kembali namun pada kondisi siang hari, entah kerena memang jalurnya sepi setiap kali melewati jalanan ini selalu tak ada orang satupun.

dan untuk kalian yang ingin ke Ijen menggunakan sepeda motor, saya merekomendasikan lebih baik menginap diparkiran yang terdapat warung-warung, atau bisa mendirikan tenda di area yang sudah disediakan.

Karena kalau menginap di pemukiman dibawah pasti akan melewati jalanan ini pada tengah malam, kalau rame-rame mungkin gak akan jadi masalah yang berati, tetapi kalau sendiri mending gak usah.

setelah melewati jalanan yang terus menanjak selama kurang lebih 40 menit saya tiba di pintu masuk kawah ijen

istirahat sejenak untuk menikmati dan mensyukuri keindahan alam yang luar biasa indah, setelahnya saya kembali melanjutkan perjalanan menuju kawah wurung.

Untuk pertama kalinya saya menuju Kawah Wurung dan melewati jalanan ini, trek yang curam dan juga jalan yang semakin menyempit saya lalui menuju kawah wurung.

Pastikan selalu berhati-hati karena ada beberapa bagian jalan yang longsor dan berlubang sehingga ketika hujan kerap sekali menjadi kubangan air yang cukup besar.

Sejuknya pepohonan menemani perjalanan hingga membawa saya pada pemukiman tak jauh dari kawah wurung.

Dari sebuah desa yang terletak di Bondowoso terus membawa saya hingga tiba di tempat tujuan.

Menurut informasi kawah wurung merupakan sebuah kawasan perbukitan yang memiliki padang rumput atau savana yang hijau dengan cerukan yang berbentuk seperti kawah gunung, perbukitan tersebut dikelilingi sebuah lubang raksasa seperti kaldera.

Nama Kawah Wurung mempunya arti yaitu kawah yang tidak jadi atau bisa diartikan kawah yang telah mati, kalau sebuah kawah pada umumnya terdapat air atau endapan belerang dengan buih-buihnya, berbeda dengan di kawah wurung ini.

Pemandangan yang luar biasa indah saya nikmati disini, dan juga bertemu dengan sahabat baru yang berasal dari probolinggo dan bondowoso.

Disini sepanjangan mata memandang yang terlihat hanyalah perbukitan yang diselimuti rerumputan hijau diselingi dengan sedikit pepohonan di beberapa bagiannya.

Untuk lebih jelas dengan versi visual video silahkan kalian saksikan video petualangan Nazar Adventure dibawah ini :

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.