Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Gunung Tangkuban Perahu yang Terkenal akan Keindahan Alamnya

2 min read

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu sebuah tempat wisata alam yang cukup terkenal dengan alam yang indah dan juga dengan legenda nya yang sampai saat ini masih tertanam pada tempat ini.

Gunung tangkuban perahu terletak di kawasan wisata cikole, lembang, Bandung Barat dan juga terletak tepat pada perbatasan Subang – Bandung Barat, untuk kamu yang dari arah subang, purwakarta, dan karawang dapat menggunakan jalur wanayasa – ciataer untuk menuju gunung tanguban perahu karena dirasa lebih cepat, dibandingkan melalui jalur bandung.

Gunung Tangkuban Perahu

Sedikit riwayat mengenai gunung tangkuban perahu bahwa pada jaman dahulu seorang anak Bernama Sangkuriang jatuh cinta kepada ibunya yakni Dayang Sumbi dan hendak ingin menikahinya, untuk menggagalkan niat anaknya tersebut dayang sumbi memberikan syarat untuk membuat perahu dalam satu malam.

Saat sangkuriang tidak bisa memenuhi syaratnya tersebut akhirnya ia menendang perahu tersebut sehingga terbalik dan perahu inilah yang membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung ini mempunyai ketinggian 2.048 Mdpl dimana merupakan gunung berapi aktif yang tercatat dari tahun 2015, memiliki beberapa kawah yang terkenal diantaranya seperti kawah ratu, kawah domas, dan kawah upas.

Salah satu kawah yang paling terkenal adalah kawah ratu dimana kawah ini menjadi pusat dari gunung tangkuban perahu dan juga memiliki panorama alam yang cukup indah untuk dinikmati.

Pada saat musim liburan panjangan, gunung tangkuban perahu sangat ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan baik lokal maupun mancanegara, akan tetapi jangan kahawatir, karena fasilitas di TWA atau Taman Wisata Alam gunung Tangkuban perahu ini sudah memadai semua.

photo instagram by @joooo24_

Mulai dari tersedianya lahan parkir yang luas dan juga fasilitas seperti toilet dan masjid yang cukup luas, selain itu banyak sekali penjual makanan dan oleh-oleh ditempat ini.

Oya sebelum kamu berkunjung kesini jangan lupa untuk membawa jaket, karena gunung tangkuban perahu memiliki suhu yang cukup dingin, sehingga dibutuhkan nya pakaian yang tebal untuk menghangatkan tubuh.

Kawah Domas

photo instagram by @ojhong_julius

Selain kawah ratu yang menjadi kawah utama di gunung tangkuban perahu, terdapat pula kawah domas dimana kawah ini memiliki keindahan yang tak kalah bagusnya, walaupun ukuran kawahnya relatif lebih kecil dibandingkan dengan kawah ratu.

Keunikan dari kawah domas adalah kamu bisa merebus telor dikawah ini hingga benar-benar matang, tak banyak orang yang datang ke gunung tangkuban perahu mengunjungi kawah domas, karena memang papan nama menuju tempat ini cukup kecil sehingga sulit untuk di temukan pengunjung.

Kawah Upas

photo instagram by @fskferry

Selain 2 kawah diatas, terdapat pula kawah upas, yang merupakan kawah yang juga sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, kawah ini juga kecil memiliki keindahan seperti banyaknya pohon-pohon mati disini, menjadikan kawah upas unik dan akan bagus sekali apa bila kamu mengabadikan momen disini.

Kamu juga bisa menikmati kawah upas dengan menunggangi kuda yang tentunya harus sewa terlebih dahulu pada pengelola atau warga lokal yang menyediakan.

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu

Untuk masuk ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Perahu, kamu diwajibkan membeli tiket terlebih dahulu seharga

  • Hari Biasa : Rp.25.000,-
  • Hari Libur : Rp.30.000,-
  • Parkir Motor : Rp.12.000,-
  • Parkir Mobil : Rp. 25.000,-

Tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau, tips lain nya ketika kamu mengunjungi gunung tangkuban perahu jangan lupa untuk memakai masker, karena tiba-tiba asal belerang bisa saja keluar dan terdapat bau yang sangat tidak enak.

Pastikan kendaraan yang kamu gunakan juga sangat prima karena trek menuju gunung tangkuban perahu benar-benar menanjak dan cukup tinggi.

Sekian mengenai informasi Gunung tangkuban Perahu apabila kamu mempunyai pengalaman lain saat berkunjung kesini, jangan lupa cepritakan pengalaman kamu di kolom komentar dibawah.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.