Gunung Parang Purwakarta Favorit Pecinta Panjat Tebing

Diposting pada

Purwakarta selain terkenal dengan budaya dan juga desain kotanya yang kaya akan adat dan budaya sunda, ternyata purwakarta mempunyai sebuah gunung yang banyak difavoritkan oleh pecinta kegiatan outdoor khususnya olahraga panjat tebing.

Bagaimana tidak gunung parang merupakan gunung yang mempunyai tebing tertinggi di Indonesia mempunyai ketinggian 963 mdpl, selain itu gunung parang juga mempunyai 3 jalur pendakian panjat tebing nya.

Lokasi gunung parang terletak di kampung cihuni, desa sukamulya, kabupaten purwakarta. Selain di nobatkan sebagai gunung tebing tertinggi di Indonesia, gunung parang juga menjadi gunung tebing tertinggi ke 2 di Asia.

Gunung Parang Purwakarta

Terdapat 3 jalur pendakian untuk menuju puncak gunung parang, salah satunya yaitu Jalur via Ferrata merupakan sebuah jalur pendakian dimana teknik memanjat ini menggunakan tangga besi.

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan teknik pendakian pada umumnya, walaupun hanya mengandalkan teknik pendakian menggunakan tangga besi yang relatif lebih mudah, kamu juga tentunya harus menyertakan peralatan yang memadai.

Ketinggian yang dapat kamu capai melalui pendakian ferrata ini adalah sekitar 250, 300 dan 900 mdpl. Cukup tinggi dan juga sangat menantang.

Setelah mencapai puncak kamu bisa merasakan sensasi bergelantungan antar tebing menggunakan tali yang safety, hal ini tentunya sangat menantang dan cukup beresiko, jadi pastikan ardenalin mu sudah menggebu-gebu 😀

Pemandangan digunung parang sudah tidak diragukan lagi, ketika tiba dipuncak kamu akan melihat landscape yang begitu indah dan juga sangat sejuk karena angin bertiup cukup kencang, jangan lupa abadikan momen saat tiba di puncak 🙂

Pendakian Via Taraje

Selain terdapat pendakian yang cukup ekstrim yaitu dengan via Ferrata kamu juga bisa mendaki melalui via Taraje, dimana jalur ini menembus hutan dan mengandalkan ranting pohon dan juga tambang yang tersedia. Lama pendakian via jalur taraje memakan waktu kurang lebih 1-2 jam tergantung fisik.

Tiket Masuk Gunung Parang

Tiket untuk mendaki gunung parang tidak terlalu mahal untuk via jalur taraje hanya Rp.10.000,- perorang belum termasuk pemandu, dan via jalur Ferreta atau tangga besi Rp.150.000,- perorang.

Tempat wisata gunung parang ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai hobi olahraga panjat tebing dan menantang, gunung parang wajib untuk kamu datangi.

Apabila kamu sudah pernah kesini dan mempunyai pengalaman lain saat mendaki gunung parang, jangan sungkan untuk berikan review dan ceritakan pengalaman mu melalui kolom komentar dibawah.

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.