Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Danau Wanayasa di Purwakarta yang Indah dan Sejuk

1 min read

Beberapa hari yang lalu saya menunjungi Danau Wanayasa yang terletak di Purwakarta – Jawa Barat, danau ini tidak jauh dari tempat kediaman saya di Karawang, hanya menempuh waktu selama kurang lebih 1 setengah jam sudah bisa sampai di danau yang cukup bagus ini, sebelumnya saya mengunjungi waduk jatiluhur yang juga berada di Purwakarta.

Danau Wanayasa di Purwakarta

Danau atau situ wanayasa yang mempunyai keindahan ini mempunyai luas ±7 ha tidak hanya ini lokasinya terletak persis di pinggir jalan utama menuju subang atau sagalaherang, yang menjadi unik pada danau ini adalah terdapat sebuah pulau kecil yang dimana dipulau tersebut merupakan sebuah makan pendiri atau bupati purwakarta atau karawang yang ke-9 yakni RA. Suriawinata yang meningal ditahun 1827.

Selain menjadi tempat wisata terdapat juga masyarakat yang datang ke pulau yang terletak di situ wanayasa ini untuk berziarah.

Lokasi Danau Wanayasa

Situ atau Danau wanayasa ini terletak di desa wanayasa, kab. Purwakarta – Jawa Barat, untuk menuju kesini kalian dapat terlebih dahulu menuju ke pusat kota purwakarta yakni situ buled atau alun-alun purwakarta, setelahnya kalian dapat mengambil arah menuju pasar rebo purwakarta, dan mengambil arah menuju wanayasa.

Jalanan menuju situ wanayasa cukup bagus dengan aspal yang mulus, namun ketika akan sampai pada daerah ini jalanan akan berubah menjadi menanjak tanda kalian memasuki daerah pegunungan, tak hanya itu suhupun berubah dari yang cukup panas menjadi lebih dingin khas daerah pegunungan.

Untuk kalian yang bingung akan menuju ke situ wanayasa silahkan klik maps dibawah ini dan cari jalan terdekat dan tercepat sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Memasuki Danau Wanayasa

Untuk memasuki area wisata atau pulau di danau wanayasa kalian dapat membeli tiket seharga kurang lebih Rp.10.000,- untuk satu orang, tidak hanya itu kalian juga bisa menikmati danau wanayasa secara gratisan, yaitu melalui pintu sebelah utara jika pagar dibuka kalian tinggal masuk saja, namun sayangnya tidak bisa untuk kendaraan roda 4 hanya bisa untuk kendaraan roda 2.

jalan menuju wanayasa

Langsung saja memasuki daerah ini kalian akan menemukan view pesawahan dan juga pinggiran danau wanayasa yang luar biasa ini.

Kuliner di Danau Wanayasa

kuliner di wanayasa

Kalian yang suka kuliner di wanayasa jangan khawatir karena daerah ini mempunyai tempat makan yang cukup terkenal dengan hidangan sate maranggi khas purwakarta, warung-warung tersebut terdapat di pinggir jalan atau pinggir danau wanayasa.

Tidak hanya itu sekarang juga terdapat cafe yang instagramable atau cocok untuk kalian kawula muda kunjungi, karena mempunyai tempat yang asik untuk nongkrong sambil menikmati suasana situ wanayasa.

Setiap orang tentunya mempunyai cara untuk menikmati suatu tempat, kalau saya pribadi menikmati tempat ini dengan bersantai menggunakan kursi lipat sambil menyeduh kopi yang dimasak menggunakan kompor camping, sungguh hal yang indah menikmati wisata gratisan 😀

wanayasa purwakarta

Saran saya jika kalian ingin mengunjungi tempat ini pastikan datang pada weekday atau hari kerja agar tidak terlalu ramai jadi lebih apdol nikmatinya.

atau juga dapat datang pada weekend namun biasanya sabtu-minggu cukup ramai oleh wisatawan sehingga sesekali jalanan ini sering macet oleh kendaraan yang berhenti dipinggir pantai untuk sekedar berfoto.

wisata ke wanayasa purwakarta

Sekian mengenai review tempat wisata atau artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kalian yang akan berkunjung ke wanayasa, oya pastikan untuk menonton video saya dibawah ini sampai habis dimana saya menempuh ke wanayasa dengan menggunakan sepeda motor vespa, selamat menyaksikan 🙂 dan sampai jumpa lagi di perjalanan selanjutnya.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.