Candi Blandongan Karawang Peninggalan Sejarah Hindu

Diposting pada

Pada kali ini kita akan membahas mengenai sebuah candi yang terdapat di Karawang yakni Candi Blandongan, sebuah candi yang merupakan peninggalan umat hindu yang ada di Karawang saat dulu, dan sudah ditemukan kembali.

Candi Blandongan berlokasi tidak jauh dengan Candi Jiwa, masih satu daerah hanya terhalang oleh beberapa sawah, karena lokasinya yang masih berada di pertengahan pesawahan.

Candi Blandongan Karawang

Candi Blandongan mempunyai ukuran 24,6 m x 24,6 m dan tinggi sekitar 4,9 meter. Pada bangunan candi blandongan ditemukan persamaan dengan material candi Kha Ok Dalu Phattalung yang berada di Thailand Selatan, sekitar Periode Dvaravati Abad ke 6-7 Masehi.

Hal ini diperkirakan candi blandongan di gunakan pada abad ke ke 2-12 Masehi. Dari kontur bangunan yang dibuat menandakan bahwa bangsa Indonesia pada saat itu sudah mengenal Teknik Pembuatan Gerabah, dan juga beton cor hingga ke hubungan luar negeri ditahun candi ini digunakan.

Untuk bisa menuju candi blandongan aksesnya tidak terlalu sulit, dari karawang kota kamu bisa menuju terminal tanjung pura lalu mengambil arah menuju rengasdengklok, Sekitar 10 kilometer kamu akan menemukan petunjuk arah menuju candi jiwa yang dimana tidak jauh dari candi blandongan.

Berbeda dengan candi jiwa, candi blandongan mempunyai areal yang cukup sempit dan dekat sekali dengan pesawahan. Tidak ada tiket masuk menuju candi ini kamu hanya perlu mengisi daftar buku tamu yang disediakan pengelola.

Oya candi blandongan masih dikelola oleh masyarakat sekitar dan juga penggiat budaya, dengan kamu mengunjungi situs candi blandongan kamu telah ikut serta mendukung dan melestarikan cagar budaya agar tetap terjaga dan terawat sehingga bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak nanti.

Sangat disarankan apabila berkunjung ke tempat ini, pastikan pada pagi atau sore hari, berhubungan lokasi candi berada di tengah sawah jadi akan sangat terasa panas kalau kamu berkunjung pada siang hari.

Apabila tetap berkunjung pada siang hari pastikan kamu membawa payung ataupun topi agar tidak kepanasan oleh sinar matahari yang cukup menyengat 😀

Apabila kamu sudah berkunjung ke Candi Blandongan dan mempunyai pengalaman lain, jangan sungkan berikan review dan pengalaman kamu saat berkunjung ke Candi Blandongan Karawang ini di kolom komentar dibawah, saya tunggu ya 😀

Gambar Gravatar
Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.